Selasa, 29 Mei 2012

situs web_task


Situs Web adalah sekumpulan halaman web yang ditempatkan dalam satu server dengan nama domain tertentu yang mempermudah untuk pertukaran informasi. Situs web pertama kali diperkenalkan oleh Tim Berners-Lee pada tahun 1991. Website atau situs web juga dapat diartikan sebagai kumpulan halaman yang menampilkan informasi data teks, data gambar diam atau gerak, data animasi, suara, video dan atau gabungan dari semuanya, baik yang bersifat statis maupun dinamis yang membentuk satu rangkaian bangunan yang saling terkait dimana masing-masing dihubungkan dengan link halaman. Bersifat statis apabila isi informasi website tetap, jarang berubah, dan isi informasinya searah hanya dari pemilik website. Bersifat dinamis apabila isi informasi website selalu berubahubah, dan isi informasinya interaktif dua arah berasal dari pemilik serta pengguna website. Dilihat dari sisi pengembangannya situs web yang bersifat statis hanya dapat di update oleh pemiliknya saja, berbeda dengan yang bersifat dinamis yang dapat diupdate oleh pemilik maupupun pengguna.
Dewasa kini web begitu dibutuhkan, ini semua diakibatkan oleh beberapa faktor, antara lain faktor kompetisi, mobilitas, eksistensi, kredibilitas, dan kemudahan. Kaitannya dengan Perpustakaan situs web bermanfaat untuk memeperluas jangkauan promosi, menyebar luaskan ide, dan kominikasi antar pemustaka dan pustakawan (Library 2.0). Ada beberapa jenis web, yaitu:
a.   Institusi, ex:
b.  Komunitas, ex:
c.   Individual, ex:
d.  Bisnis, ex: www.tokobagus.com
e.  Hiburan, ex: www.4shared.com 
f.   Diskusi, ex:
g.  E_learning, ex:
h.  Berita, ex: www.yahoo.com
Situs web bagi perpustakaan memiliki manfaat tersendiri, adapun manfaat situs web bagi perpustakaan, yaitu:
a.   Memperluas jangkauan promosi perpustakaan
b.  Media komunikasi antara pemustaka dan pustakawan (library 2.O)
c.   Menyebarluaskan ide
Istilah-istilah yang terkait dengan situs web antara lain:
1.   URL (Uniform Resource Locator); alamat lengkap untuk menunjukkan suatu bentuk informarsi di dalam Internet.
Contoh susunan sebuah URL: http://www.ipi.or.id/programK.htm, artinya:
http: jenis layanannya, yaitu web yang dilayani melalui protokol http.
www.ipi.or.id: nama domain dari suatu host/ web server.
program.htm: nama file HTM
2.  Hosting; aktifitas menyewa ruangan untuk menempatkan file di internet agar dapat dilihat oleh semua orang.
3.  Web page; informasi yang ada di dalam web.
4.  HTTP (Hyper Text Transfer Protocol); sebuah protokol untuk meminta dan mejawab antara client dan server dengan suatu format tertentu.
5.  Domain; alamat laman dari sebuah web.
6.  ISP (Internet Service Provider); organisasi komersial yang bergerak dalam bidang penyedia akses ke internet. Berikut ini berapa contoh ISP di Indonesia:
INDOSATnet, situsnya www.indosat.net.id
INDO.NET, situsnya www.indo.net.id
LinkNet, situsnya www.link.net.id
7. TCP/ IP (Trasmission Control Protocol/ Internet Protocol); protocol yang mensyaratkan bahwa setiap komputer didalam jaringan internet harus memiliki identitas yang unik yang dinamakan nomor atau alamat IP.  Nomor ini terdiri atas empat bilangan dengan masing-masing  bernilai antara 0 sampai dengan 255, antar bilangan dipisahkan oleh tanda titik, misal : 192.168.1.0.
8. WWW (Word Wide Web); suatu set aplikasi komunikasi dan sistem perangkat lunak yang memiliki karateristik terletak pada host dan client pada umumnya, mengginakan protokol TCP/ IP, dan menggunakan kode HTML. Pertama kali diciptakan pada tahun 1991 di Cotrn, laboratorium fisika partikel Eropa, Jenewa, Swiss. Tujuan awalnya adalah untuk menciptakan media yang mudah untuk berbagi informasi diantara para fisikawan dan ilmuwan.
9. HTTPs; singkatan dari HyperText Transport Protocol Secure. Merupakan protokol yang digunakan untuk mengakses dokumen yang bersifat secure, misalnya ketiak ingin login pada Yahoo, protokol akan mengalihkan ke HTTPs bukan HTTP. Ini terjadi karena data yang akan di masukkan nantinya akan diencript untuk menghindari mailware dan sebagainya.
10. HTML; singkatan dari HyperText Markup Language yang berarti sebuah bahasa markup yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web, menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah penjelajah web internet dan formating hypertext sederhana yang ditulis kedalam berkas format ASCII agar dapat menghasilkan tampilan wujud yang terintegerasi.
11. XHTML; bahasa markup penerus dan pengembangan dari HTML yang memiliki kemampuan yang kurang lebih mirip HTML, tetapi dengan aturan sintaks yang lebih ketat. HTML merupakan aplikasi dari SGML (Standard Generalized Markup Language) yang sangat fleksibel, sedangkan XHTML adalah aplikasi dari XML, turunan SGML yang lebih terbatas.


Rianie_





Tidak ada komentar:

Posting Komentar